Rabu, 04 April 2012

Ketika Anak Mengalami Fobia Sekolah

Bagimana jika anak mengalami fobia sekoloah ??? apa penyebab utamanya ??
Di sini saya menjelesakan bagimana anak mengalami fobia sekolah , dan menjelaskan tentang fobia .
Pada saat anak pertama kali masuk , orang tua akan merasa bangga dan tidak menyangka bahwa anaknnya akan bersekolah . banyak orang tua yang menyaksikan anaknnya –anaknnya menggendong tas yang berisi buku pelajaran dan menggunkan seragam . akan tetapi kebahagian itu kadang-kadang menjadi pudar tatkal pada hari berikutnnya meliahat anak-anaknnya tiba-tiba mogok sekolah . walau mungkin anaknnya tersebut sudah di bujuk , di rayu, dan diiming-imingihadiah yang menarik namun tetap saja tidak ingin pergi kesekolah . berbagai alasan yang di kemukakan oleh anak tersebut mulai dari tidak enak badan, sakit perut , sakit kepala , sakit kaki karna memakai sepatu ,takut dimarahi oleh guru ,tidak suka sekolah itu dan lain-lain . mengapa bisa demikian ? Untuk menjawabnnya mari kita mengenali tentang fobia terlebih dahulu .
Fobia sekolah
Memperhatikan fenomena yang sudah diuraikan sebelimnnya ,kemungkinan besar anak mogok sekolah di karenakan sedang mengalami gangguan psikologis yang di sebut fobia sekolah . fobia adalah gangguan , gangguan ketakutan yang tidak rasional dari objek atau situasi yang berbahaya . jadi fobia sekolah adalah bentuk ketakutan yang tidak masuk akal terhadap sekolah .gangguan ini biasannya datang saat jam berangkatnnya sekolah dantiba-tiba hilang saat pulang sekolah serta liburan sekolah . fobia sekolah itu di tandai oleh prilaku yang menolak untuk bersekolah . dalam keadaan terpaksa anak mau sekolahtetapi seseampainnya di sekolah anak bertingkah laku yang sangat aneh , sering menagis , meminta pulang . biasannya anak yang fbia sekolah merasakan tidak aman , sensitif , dan tidak tahu bagimana harus mengatasi emosi yang di rasakan .
Menurut Leah anak akan terlihat teggang saat harus bersekolah . dan akan merasakan takut pada sekolah barunnya .menurut Charels Liden bila ia merasakan fobia lebih baik kembalikan anak pada sekolah tersebut . makin lama di iziinkan untuk tidak masuk sekolah , makin sulit untuk sembuh dari fobia tersebut . Oleh karna itu orang tua menekankanpentingnnya bersekolah , dan berilah masukan positif tentang tempat belajar tersebut . orang tua dapat melepaskan akan secara bertahap . dan orang tua heendaknnya bersikap hangat , penuh pengertian ,namun tegasdan bijaksana sambil menekankan anak bahwa semuannya akan baik-baik saja setibanya di sekolah .
Tingkatan dan tanda-tanda fobia yang di alami anak
Fobia sekolah yang di alami anak terdiri dari tingkatan .
1. Fobia tahap awal atau disebut dengan initial school refusal behavior. Ini adalah prilakumenolak masuk sekolah yang tiba-tiba dan berlansung kurang dari 1 minggu .
2. Fobia yang lebih besar atau di sebut dengan subtantial school refusal behavior. Ini adalah prilaku menolak sekolah yang lebih dari 1 minggu . untuk menyembuhkannya orantua harus bekerja lebih keras , meminta pertolongan kepada guru ,konselor anak , atau guru BP .
3. Fobia tahap akut yang biasa di sebut istilah acute school refusal brhavior. Ini adalah prilaku yang menolak sekolah berlangsung lebih lama lagi .2 minngu atau 1 tahun . untuk menyembuhkannya harus beberapa kali terapi , mungkin juga membutuhkan bantuan psikologi .
4. Fobia tahap berat yang biasa di sebut istilah chronic school refusal behavior. Ini adalah prilaku anak yang menolak sekolah lebih dari 1 tahun . fobia ini selaludiawali dari tahap awal . semakin diizinkan untuk tidak bersekolah , malah fobiannya akan semakin mengkat .
Beberpa tanda anak yang yang menolok sekolah , mau datang ke sekolah tetapi tidak lama lagi meminta pulang ; pergi kesekolah dengan menggis ; menempel terus dengan orang tua yang mengasuhnnya ; atau menunjukan prilaku yang aneh , seperti menjerit-jerit di kelas , agresif terhadap anaklain , bahkan menunjukan sukap yang melawan dan menentang guru .
Beberapa faktor yang menyebabkan fobia sekolah
Mogok sekolah merupakan hal yang sering terjadi pada anak kecil.
Beberapa faktor penyebabnya
Separation anxiety bisa di alami oleh anak dari lingkingan yang harmonis , hangat dan akrab . dari sisi ini terlihat baik , namun tetap saja anak masih mengalami fobia sekolah . karna penyebabnya adalah anak takut merasakan kehilangan , atau takut orang tua mereka takut di culik, atu berfikiran aneh takut orang tua mereka di makan monster atau sebagiannya . ketakutan ini tidak di buat-buat , namu merupakan fenomena yang biasa hinggap pada anak balita . oleh karna itu mereka tidak ingin berpisah dengan orang tua malah mereka ingin selalu bersamannya , ingin nempel terus serta lengket . bisa muncul kala anak selesai liburan panjang ataupun mengalami sakit serius sehingga tidak bisa masuk sekolah dlam waktu yang panjang .
Beberapa cara untuk menangani fobia sekolah
1. Tetap menekankan anak pentingnnya sekolah . walaupun anak tidak mau sekolah sebagai orang tua , harus menasehati pentingnnya bersekolah dan harus tetap mengizinkan anak bersekolah walau beresiko.
2. Buka komunikasi dengan anak-anak dan perhatikan keluahan –keluahan mereka . biarkan anak tetap bercerta kenapa ia tidak mau bersekolah . sebagi orang tua yang baik berikann perhatian dan ambil tindakan yang bijaksana.
3. Berusahalah tegas dan konsisten dalam beraksi dalam keluhan , rengekan dan tramtrum anak tidak ingin sekolah.
4. Konsultasikan masalah kesehatan anak kepada dokter . jika orang tua tidak yakin anaknnya sehat bawalah kedokter , jika anak tersebut hanya beralasan akan ketahuan .
5. Bekerja sama dengan guru , agar guru memberiakan perhatian yang ekstra dan dapat membantu menaggulangi ke cemasan gelisah dan takut .
6. Luangkan waktu untuk berdiskusi dengan anak. Luangkan waktu yang intensif tidak tergesah-gesah , tanyakan mengapa anak tidak mau bersekolah , kenapa cemas , takut dan gelisah ,
7. Lepaskan anak secara bertahap . di sini akan mengurangi anak untuk tidak selalu dengan orangtuannya , dan ia dapat beadaptasi dengan teman , serta lingkungan sekolahnnya .
8. Konsultasiakn kepada psikolog atau konselor anak jika fobia ini berlarut-larut .
Daftar Pustaka
Musbikin,Imam.2012.Mengatasi Anak Mogok Sekolah Dan Malas Belajar.Yogyakarta : Laksana
Akbar,R. (2001). Psikologi perkembangan anak. Jakarta : P.T. Grasindo.

1 komentar:

  1. TOTO Titanium For Sale | Online TOTO Collectors - The
    TOTO Titanium is a suppliers of metal TOTO titanium fitness collector game cartridge. This item is stilletto titanium hammer a titanium oxide formula rarity in the TOTO collectibles and collector's items collection. titanium lug nuts

    BalasHapus